BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di
Indonesia, banyak sekali berbagai bentuk dan macam makanan dari
makanan tradisional sampai internasional. Makanan tidak dapat terlepas dari
kehidupan manusia, karena makanan adalah kebutuhan vital mereka. Sering kali
orang mencari makanan baru yang belum pernah mereka temui. Untuk itu kami
membuat sebuah inovasi makanan yang kami padukan antara khas tradisoinal dan
internasional. Kami memilih inovasi dari risoles. Biasanya risoles hanya isi
daging ayam saja namun kami merubah isi risoles menjadi beragam seperti isi
sayur, buah, beef, sosis, keju dan lain sebagainya.
Risoles ini dibuat dari bahan-bahan indonesia dan dari
luar negeri yang dipilih kualitas terbaik. Dalam proses produksi sangat dijaga
kebersihannya sehingga menciptakan rasa yang lezat dan nikmat. Makanan ini juga
sangat menyehatkan apalagi di dalamnya terdapat sayur dan buah-buahan organik.
Makanan ringan ingin cocok untuk semua kalangan umur maupun kalangan sosial.
Harganya minimal namun rasanya maksimal. Konsumen tidak akan bosan untuk
memakannya, karena terdapat banyak variasi dari Risol ini.
kami
memilih jenis usaha “RISOL LONDO” karena untuk mengingatkan masyarakat
Indonesia agar tidak lupa makanan khas Indonesia, dan juga
menambah varian baru dalam dunia kuliner sehingga para penikmatnya tidak merasa
bosan dalam menikmati makanan.
1.2 Tujuan
a.
Meningkatkan
kreatifitas
b.
Mengurangi
jumlah pengagguran
c.
Mengembangkan jiwa wirausaha dan melatih kemandirian
d.
Mengaplikasikan pengetahuan bisnis, pengalaman dan
keterampilan yang diperoleh.
e.
Menambah ilmu pengetahuan
BAB II
DESKRIPSI USAHA
A. Visi & Misi
Ø Visi :
Menjadikan “RISOL LONDO” sebagai usaha makanan cepat saji
yang terkenal minimal di Semarang, maksimal seluruh dunia mengetahui Risol
Londo.
Ø Misi :
1.
Mengutamakan kualitas dalam pelayanan dan penyajian
(makanan)
2.
Berorientasi kepada kepuasan konsumen
3.
Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun
pelayanan
4.
Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya
untuk memperluas usaha
B. Identifikasi Usaha
Nama Usaha : Risol Londo
Pemilik Usaha : Noor Indah Fitriani dan Dini Auliasari
Alamat Usaha : Jl. Taman Siswa, Sekaran, Gunungpati, Semarang
Contact Person : 085641093519/085729960393
C. Rencana Produk
Produk
kami ialah produk makanan ringan, dan produk kami adalah makanan cepat saji
yang istimewa. Bahan utama yang kami gunakan adalah telur, mayonaise, daging
asap, saos, sayuran, keju dan sosis.
Awalnya usaha kami dibentuk karena
melihat tingkat kesukaan masyarakat kepada makanan ringan yang cukup tinggi.
Modal kami berjumlah Rp. 3.000,-
D. Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan
Risol Londo ini diantaranya :
1.
Hidangan lezat dan bergizi
2.
Harga relatif terjangkau oleh semua kalangan
3.
Disajikan dengan berbagai macam isi (ayam, daging asap,
telur, sosis, sayuran)
BAB III
ASPEK PRODUKSI
A. Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Risol
Londo :
a.
Bahan kulit risol :
1.
Tepung terigu
2.
Telur
3.
Garam
4.
mentega
5.
Air
6.
Susu bubuk
b.
Bahan isi risol :
1.
Mayonaise
2.
Daging smokebeef
3.
Keju
4.
Telur
5.
Saus
6.
Sosis
7.
buah – buahan
8.
sayuran
Cara pembuatan :
a. Campurkan tepung terigu dengan susu
cair, aduk hingga rata.
b. Tambahkan telur yang sudah dikocok,
mentega yang telah dicairkan, air, garam, aduk hingga rata.
c. Kemudian saring adonan.
d. Sediakan wajan teflon, baluri
mentega di atasnya.
e. Dadar adonan kulit risol satu
persatu hingga adonan habis.
f. Sisihkan di piring pipih,
g. Isi kulit yang telah didadar dengan
smoke beef, mayonaise, keju, saos, telur, dan sosis.
h. Lalu lipat kulit dengan rapat,
i.
Lumuri kulit yang telah di isi dengan telur yang sudah di
kocok.
j.
Lalu baluri dengan tepung roti,
k. Goreng, hingga berwarna cokelat
keemasan.
l.
Risol londo siap disajikan di piring saji.
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
A.
Modal Usaha
Modal Sendiri : Rp. 1.000.000,00 +
Jumlah : Rp. 1.000.000,00
B. Perhitungan Keuangan
v
Biaya Peralatan : Rp 200.000,00
v
Biaya Bahan Risol dan Isi : Rp.
400.000,00
v
Biaya Promosi : Rp. 50.000,00
v
Biaya Sewa Tempat Usaha : Rp.
100.000,00
v
Biaya
Lain-lain : Rp 250.000,00 +
Rp. 1.000.000,00
Estimasi
Penjualan/ hari 100 potong
Harga
Bahan baku/ potong Rp. 2.000,00
Harga/porsi
Risol Londo Rp. 3.500,00
Pendapatan
per hari 3500 x 100 Rp. 350.000,00
o
PENGELUARAN
Bahan
baku/potong 2.000 x 100 Rp. 200.000,00
Bahan packing
500 x 100 Rp. 50.000,00 +
Rp 250.000,00
Hari kerja efektif
/bulan 22
hari
Pendapatan/bulan 350.000 x 22 Rp. 7.700.000,00
Pengeluaran Bulanan
ü Bahan baku dan
packaging 250.000 x 22 Rp. 2.500.000,00
ü Gaji
karyawan Rp. 3.000.000,00
ü Lain-lain Rp. 40.000,00 +
Rp. 5.900.000,00
KEUNTUNGAN
PER BULAN
Rp. 7.700.000 – Rp. 5.900.000 Rp. 1.800.000,00
BEP ( Rp. 1.000.000 / Rp 1.800.000) 1,8
Jadi, BEP kembali pada 1,8 bulan => 2 bulan
BAB V
ASPEK SDM
A.
Rekruitmen
Dalam
proses rekrutmen karyawan, kami sengaja memilih karywan yang menggagur hal ini
kami lakukan untuk mengurangi jumlah penggangguran di sekitar kampus unnes
khusunya namun tidak ditutup kemungkinan karyawan dari selain sekitar kampus.
Sebelumnya
kami blusukan mencari karyawan yang mengganggur dan menyebar pamflet lowongan
kerja. Setelah mendapat beberapa calon karyawan kami melalukan pelatihan lalu
setelah itu kami lakukan wawancara. Dan hasilnya ada 35 karyawan yang kami
terima.
Jumlah pekerja dan tugasnya
1. 5
orang bertugas memasak dan menggoreng,
2. 3
orang bertugas mencari dan membeli bahan baku
3.
10
Orang memasarkan produk dengan keliling
4. 1
orang untuk administrasi.
5. 4
orang karyawan toko (pelayan + kasir)
6. 1
orang satpam
7. 1
orang sopir untuk delivery
B. Pelatihan dan
pengembangan
Untuk
meningkatkan ketrampilan karyawan perlu pelatihan agar karyawan juga ikut aktif
dalam mengembangkan risoles tersebut dan tidak menutup kemungkinan untuk ikut
membuat inovasi baru Risoles Londo agar lebih banyak inovasi dan membuat
konsumen tidak mudah bosan dalam menikmati Risoles Londo tersebut.
C. Keselamatan dan
kesehatan kerja
Kami
memberikan asuransi keselamatan dan kesehatan bagi karyawan jika terjadi sebuah
kecelakaan kerja, hal ini dilakukan agar karyawan merasa nyaman dan aman ketika
bekerja dengan kami.
D.
Reward
(hadiah)
Setiap
akhir tahun kami akan memberikan hadiah kepada karyawan yang aktif. Hal ini
kami lakukan agar karyawan selalu semangat dalam mengerjakan setiap tugasnya. Ada beberapa kategori hadiah yang akan
diberikan contohnya:
a. Karyawan
terajin
b. Karyawan
terkreatif
c. Karyawan
teramah
d. Karyawan
terapi
e. Karyawan
yang selalu tepat waktu, dll
E.
Pola
Gaji/upah
Upah
karyawan diberikan tiap sebulan sekali pada tanggal 10. Jumlah upah yang
diberikan tergantung tinggatan pekerjaannya. Setiap hari besar kami selalu
memberikan tunjangan, seperti tunjangan hari raya dan tunjangan tahun baru.
F.
Pemberhentian
Karyawan
akan diberhentikan bekerja jika :
a. Selalu
absen (maks 3 kali dalam seminggu)
b. Malas-malasan
c. Tidak
bekerja sesuai tugasnya
d. Melakukan
kesalahan dalam bekerja
e. Mabuk
f. Berkelahi
dengan karyawan lain
g. Mencemarkan
nama baik perusahaan dan lain sebagainya.
BAB VI
ASPEK PEMASARAN
A.
Perkenalan Bisnis
Produk
yang kami tawarkan merupakan makanan ringan yang lezat, bergizi, dan harga yang
terjangkau. Produk ini bernama “RISOL LONDO” yaitu risol yang disajikan dengan
isian risol yang sehat untuk dikonsumsi.
Brand : Risol
Londo
Quality : Tanpa
bahan pengawet
Packing :
Menggunakan paperbag sebagai pengemas produk
Price :
Rp. 3.000,00 per buah
B.
Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung
bisnis
Memiliki
produk Risol Londo ini yang berbahan baku seperti smokebeef, saus, telur,
sosis, keju, dan mayonaise. Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada
perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk kami demi meningkatkan kualitas
produk kami supaya orang-orang mengenali usaha kami lebih luas dan juga
membangun relasi dengan organisasi-organisasi di lingkungan kampus.
C.
Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk
kami kali ini yang pertama : Risol Londo dengan isi yang sehat dan bergizi
telur, daging asap, keju, saus, dan sosis. Untuk kedepannya kami ingin
berinovasi untuk membuat saus Risol Londo yang berbeda.
D.
Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan kritik dan saran atas produk yang
kami buat.
E.
Media pemasaran
Kami
akan mempromosikan produk kami melalui jejaring social seperti
facebook,twitter, instagram, blog dll. Kami juga melakukan promosi face to face, mendirikan
kedai dipinggir jalan, membuka stand-stand saat ada acara kampus dan
menyebarkan paflet ataupun iklan di koran.
BAB VII
ASPEK SOSIAL EKONOMI
Dengan adanya usaha Risol Londo ini kami nerharap dapat
memberikan manfaat dan keuntungan bagi semua pihak.
a.
Bagi Pemerintah
1.
Mengurangi
jumlah pengangguran
2.
Mengurangi
jumlah rakyat miskin
3.
Menambah
pendapatan daerah
b.
Bagi Masyarakat
1. Menambah
wawasan ilmu pengetahuan
2. Menjadi
masyarakat yang cerdas
3. Menjadikan
masyarakat lebih kreatif
4. Menjadikan masyarakat semangat berwirausaha
c.
Bagi Akademisi
1. Meningkatkan
kreatifitas para pelajar
2. Sebagai
sarana pembelajaran dan pendekatan terhadap masyarakat
3. Menjadikan
mahasiswa lebih mandiri
BAB VIII
KESIMPULAN
Risol
Londo adalah risol yang unik, dibuat secara sederhana namun menghasilkan rasa
yang lezat dan bergizi. Risol Londo memiliki banyak keistimewaan diantaranya
mempunyai banyak variasi rasa, sehingga membuat para pelanggan akan ketagihan
untuk membelinya lagi. Usaha kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan
karena akan menghasilkan omset yang tinggi. Namun wirausaha harus mempunyai
kecakapan dalam melihat analisis pasar sehingga dapat mengembangkan usaha
dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan
maka seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha berkembang
dengan cepat. kami juga akan terus melakukan inovasi agar
konsumen terus berlangganan kepada kami.
No comments:
Post a Comment
Write your comment here